Perawatan dan Perbaikan Komputer


Perawatan dan Perbaikan Komputer


 
Panas Yang Tinggi Pada PC
Komputer panas memang menjadi momok yang menyeramkan, setidaknya untuk hardware yang tergolong masih baru, khan sayang hardware yang belum genap 1 tahun sudah rusak akibat panas yang berlebihan. Disamping memang karena frekuensi kerja yang lebih tinggi tentu menyebabkan panas yang lebih dibandingkan dengan komputer jadul (jaman dulu katanya…). Coba kita tilik kebelakang, komputer generasi pentium 2 misalnya, suhunya tidak seberapa dibandingkan dengan komputer pentium 4 yang kalo dipegang heatsinknya jauh lebih panas. Nah, dalam artikel ini saya akan sedikit sharing cara mencari
penyebab komputer cepat panas (baik itu yang normal maupun yang tidak normal ). Karena jika panas tersebut dibiarkan saja, lambat laun komputer anda pasti akan lebih cepat rusak dan tentu saja akan membutuhkan dana yang lebih besar untuk memperbaikinya.
Berikut beberapa penyebab komputer panas beserta cara pencegahanny 

  1. Komputer digunakan main game terlalu lama.  Untuk bermain game terutama dengan gambar yang beresolusi tinggi, diperlukan 3 komponen yang bekerja berat yaitu processor, memory dan VGA. Processor  yang bekerja terlalu berat akan menimbulkan panas tinggi dan bisa saja menyebabkan komputer langsung mati sendiri. Mencegahnya, Anda bisa menambahkan kipas pengisap pada bagian belakang CPU untuk mengisap udara panas dari dalam.
  2. Perhatikan processornya. Ada perbedaan antara processor AMD dengan Intel. Processor terbaru Intel hanya membolehkan panas sampai 72oC sedangkan AMD bisa sampai 85oC jadi ada perbedaan signifikan apabila diraba dengan tangan. Tetapi jika masalah panas ini kemudian menyebabkan komputer jadi lambat atau mati sendiri barulah jadi masalah.
  3. Fan pendingin rusak atau kotor berdebu. Jika kecepatan kipas sudah menurun atau sangat berdebu maka suply udara pendingin juga akan menurun sehingga Processor menjadi overheating. Cara mencegahnya, Anda bisa membuka kipas pendingin, bersihkan dari debu lalu pastikan bahwa kipas tersebut masih berputar dengan normal, atau jika sudah diketahui rusak, maka diganti saja.
  4. BIOS overclock. BIOS yang overclock atau performance kartu grafis, CPU, motherboard, RAM dan semua komponen di dalam casing CPU dibuat maksimum, dapat menyebabkan computer menjadi panas atau lebih buruk lagi bisa menyebabkan komputer tidak berfungsi sama sekali. Mencegahnya, jika overclock ini penyebabnya, selakan kembalikan BIOS ke posisi normal kembali.
  5. Power Suply bermasalah. Jika terjadi kebocoran pada Power Suply,maka  tegangan listrik keluar ke moterhboard dan dapat seluruh komponen listrik CPU jadi panas, atau sejumlah komponen langsung rusak. Mencegahnya, bias menggunakan Stabilizator atau UPS untuk menjaga tegangan listrik.
  6. Posisi Aluminium Heatsink (pendingin) tidak tepat. Jika aluminium ini tidak menempel dengan tepat pada badan processor, maka processor dapat mudah overheat lalu kemudian komputer pasti mati sendiri. Mencegahnya, jika mungkin Anda bisa melakukannya, hati-hatilah ketika membuka fan di atas processor dan periksa apakah aluminium heatsink menempel dengan tepat pada Processor. Jika perlu, buka aluminium pendingin dan bersihkan pasta pada permukaan permukaan processor lalu oleskan kembali pasta yang baru.
  7. Aluminium Heatsink (pendingin) Processor atau pada VGA berdebu/kotor. Pastikan aluminium pendingin cukup bersih dari debu karena debu bisa menghambat proses pendinginan yang dari kipas. Caranya dapat membersihkan kipas pendingin processor setiap 6 bulan sekali.

Komputer Terlalu Panas  Atasi Dengan SpeedFan
Suhu komputer yang terlalu panas tentu bukan pertanda baik, selain akan membuat komputer sering hang, dalam jangka panjang akan membuat komputer mengalami kerusakan secara phisik karena terbakar pada komponen tertentunya. Salah satu penyebab suhu tinggi pada komputer mungkin karena sirkulasi udara di dalam CPU yang kurang memadai.
Sebenarnya, hal seperti ini bisa dengan mudah diatasi, cukup dengan mengganti/menambah kipas exhaust yang memiliki kecepatan putaran (RPM) lebih tinggi. Sayangnya ini bukan jalan yang mudah diterapkan pada komputer jenis portable (laptop), ataupun pada beberapa komputer desktop branded dengan model kompak.
Jika sudah begini, jalan yang bisa ditempuh hanyalah dengan memaksimalkan fasilitas yang ada, yaitu dengan mengatur agar kipas bekerja dengan kecepatan maksimal, tentunya dengan bantuan software pihak ketiga, yaitu SpeedFan.
SpeedFan adalah program yang berfungsi untuk memonitor tegangan, kecepatan kipas dan suhu di komputer dengan menggunakan sensor hardware yang ada. SpeedFan bahkan bisa mengakses informasi S.M.A.R.T. dan menunjukkan suhu hard disk (termasuk drive SCSI). Sedangkan fitur utama SpeedFan adalah untuk mengatur kecepatan putaran kipas pada komputer (Proccessor, GPU, Chipset) agar sesuai dengan keinginan dan kodisi yang ada.
Namun, menginstall saja tidak akan membuat SpeedFan bisa bekerja sesuai fungsinya. Masih diperlukan setingan yang sesuai agar efeknya bisa langsung terlihat nyata.
Sebagai contoh:
Berikut adalah saat pertama kali saya menjalankan SpeedFan setelah diinstall pada laptop Dell Vostro yang saya gunakan:
Bisa dilihat bahwa meskipun suhu laptop cukup tinggi, SpeedFan masih belum bekerja dengan semestinya. Kecepatan kipas pun masih pada putaran menengah. Walhasil, laptop masih dalam kondisi panas (dan suhu terus merangkak naik..).
Disinilah diperlukan setelan SpeedFan yang benar (dan sesuai keinginan) agar kondisi suhu panas CPU bisa segera teratasi.
Sebagai langkah awal, berikut adalah setelan yang saya lakukan pertama kali pada menu Ubah/Configure:
Khusus untuk pengguna komputer dengan merek DELL, dukungan perangkat sensor mesti di pilih/centang.
Lalu mengatur agar kecepatan kipas yang diinginkan bisa berlaku secara otomatis:
Sedangkan gambar cara pengaturan SpeedFan di bawah ini adalah bagian yang sangat penting, karena mencakup banyak sisi:
Urutan langkahnya, (sesuai dengan penomoran pada gambar yang saya cantumkan di atas) adalah sebagai berikut:
  1. Pilih menu Fan Control.
  2. Pilih (centang) Advanced fan control.
  3. Klik tombol ‘Add‘. Ini akan menampilkan jendela baru untuk menciptakan profil pengaturan.
  4. Pilih profil (yang baru dibuat) yang tertera di sana.
  5. Pilih (centang) Controlled speed.
  6. Pilih jenis sensor yang diinginkan (bisa ada lebih dari 1 jenis, tergantung komputer yang digunakan).
  7. Pilih ‘MAX of speed‘ agar kipas menggunakan batas kecepatan maksimal sebagai acuan.
  8. Pada bagian Temperatures, klik tombol ‘Add‘. Ini akan menampilkan jendela baru untuk memilih jenis sensor yang diinginkan. Pilih saja salah satu sensor yang paling tinggi dalam pembacaan suhunya (suhu tiap sensor bisa dilihat pada tampilan utama SpeedFan).
  9. Klik sensor suhu tersebut.
  10. Pada tabel ini, kita bisa menurunkan atau menaikkan batasan suhu yang diinginkan agar kipas bekerja pada kecepatan maksimal (100%). Lalu klik tombol ‘OK‘.
Hasilnya bisa dilihat, meskipun suhu komputer turun dan lebih rendah dari sebelumnya, kecepatan kipas masih bisa dipaksa agar tetap berada pada putaran maksimal!
Sedangkan opsi di bawah saya pilih agar SpeedFan mampu memberikan informasi berapa suhu yang ada secara real time pada system tray. Dan karena hanya ada 1 nilai suhu saja yang bisa ditampilkan, maka saya memilih sensor dengan suhu paling tinggi.
Meskipun demikian, ketika saya lewatkan (hover) mouse ke arah icon SpeedFan di system tray, toh semua suhu yang tertangkap sensor juga langsung ditampilkan:
Sayangnya, tidak semua komputer bisa menggunakan SpeedFan. Hal ini dikarenakan setiap pabrikan komputer memiliki desain dan konfigurasi yang berbeda.
Sebagai contoh, SpeedFan sudah saya coba dan berfungsi dengan baik pada 3 laptop yang saya gunakan: DELL Vostro, DELL Latitude, Toshiba Satelite, Fujitsu DeskPower (desktop), dan CPU rakitan dengan motherboard Asus. Sementara 2 komputer yang lain, Acer Ekstensa (laptop) dan LT Series (netbook), tidak bisa digunakan karena control kecepatan kipas tidak bisa terdeteksi, meskipun suhu semua sensor bisa terbaca oleh SpeedFan.
Jadi, mencoba sendiri pada komputer masing-masing adalah jalan terbaik untuk mengetahui apakah SpeedFan bisa digunakan atau tidak.
Catatan penting.
  • SpeedFan dalam artikel ini digunakan untuk memaksimalkan putaran kipas pendingin, bukan untuk mengatasi panas yang disebabkan karena penyumbatan sirkulasi udara oleh debu di dalam komputer.
  •  Jika pada saat dijalankan pertama kali SpeedFan tidak bisa mendeteksi keberadaan kipas pada komputer, bisa dipastikan bahwa SpeedFan tidak bisa bekerja/berfungsi pada komputer tersebut (kecuali pada komputer DELL, keberadaan kipas harus diset terlebih dahulu pada menu ‘Pilihan‘/’Option‘ seperti gambar no.2 di atas).
  • Jika pada saat SpeedFan dijalankan pertama kali dan komputer langsung hang atau mengalami Blue Screen (BSOD), ini menandakan bahwa ada suatu masalah pada perangkat (SMBus) di komputer tersebut. Yang perlu dilakukan adalah dengan menambah perintah baris / command line pada shortcut SpeedFan, seperti di bawah ini:
Jika masih tidak berhasil, berarti SpeedFan tidak bisa digunakan pada komputer tersebut.
SpeedFan merupakan software gratis yang diciptakan oleh Alfredo Milani.


Debu
Ada beberapa alasan mengapa komputer harus dibersihkan :
  1. Debu yang melekat pada Fan Processor, Fan Casing, Fan VGA, Fan Power Supply apabila tidak dibersihkan maka akan bisa menyebabkan kinerja komputer anda tidak maksimal, karena debu menyebabkan putaran kipas melambat. Dampaknya jika pada processor maka komputer akan sering hang, kemudian restart-restart sendiri, lambat laun processor menjadi PANAS dan RUSAK
  2. Debu yang melekat di HEATSING prosesor, VGA dan Chipset apabila tidak dibersihkan akan menghambat proses pendinginan dari FAN, karena HEATSING tertutup debu sehingga angin tidak mengenai HEATSING secara langsung. Dampaknya komputer sering HANG/restart-restart sendiri
  3. Debu yang melekat Motherboard, jika debu dibiarkan melekat dan menumpuk, bisa menyebabkan komponen-komponen pada motherboard SHORT/Konslerting dan akhirnya meRUSAK Motherboard
  4. Debu yang melekat pada KEYBOARD & MOUSE apabila tidak dibersihkan akan menyebabkan tombol dan scroll optik tidak lancar, sehingga mengganggu dalam penggunaan komputer dan MENGHAMBAT KERJA anda
  5. Debu yang melekat di kaca monitor jika tidak dibersihkan akan membuat tampilan layar menjadi redup kurang jelas dan bisa menumbuhkan jamur.
  6. Debu atau Scrap kertas yang tertinggal di Printer ( Dot Matrix ) apabila tidak dibersihkan akan mengakibatkan printer sering mengalami PAPER JAM dan MACET
Debu pada komponen komputer terutama pada motherboard jika dibiarkan akan menyebabkan overheating dan kerusakan pada komponen-komponen komputer. Debu tersebut mengandung partikel elektrik/listrik yang dapat menyebabkan hubungan arus pendek antar komponen atau konslet. Hubungan yang singkat tersebut dapat membuat komponen menjadi panas bahkan sampaiterbakar.
Debu di dalam komputer jika kita diamkan saja maka akan jadi masalah yang besar nantinya. Jangan pernah menganggap remeh soal debu di dalam komputer, karena debu pun bisa membuat komputer kita bermasalah, baik itu sering nge-hang atau tidak jalan sama sekali.
Bagi banyak orang urusan bersih-membersihkan debu dari komputer adalah hal yang sangat malas untuk dilakukan, entah dengan alasan tidak ada waktu atau mungkin juga sudah 'ngeri' dengan kondisi komputernya yang sangat berdebu atau mungkin juga alasan-alasan lainnya.

Untuk mengurangi resiko kerusakan oleh debu, bersihkan motherboard dengan kuas (jangan gunakan kain yang basah). Setelah dibersihkan, rapikan kabel-kabel yang semprawut agar tidak menggangu sirkulasi udara yang dapat membuat panas berlebihan pada cpu. Lakukan hal ini secara teratur agar tidak terjadi penumpukan debu pada motherboard dan komponen lain.
Peripheral adalah peralatan komputer (PC) yang sangat diperlukan sebagai pendukung (support) bagi sebuah PC. Komputer terdiri dari beberapa macam peralatan (komponen) yang saling berkaitan dan mempunyai kegunaan atau fungsi masing-masing pada setiap komponen. Peripheral (komponen) terletak atau terpasang di dalam sebuah Casing/Box/Kotak komputer. Nah, komputer juga memerlukan perawatan dari gangguan kotoran, debu dan karat agar agar kinerja PC tersebut tetap terjaga.

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang diperlukan untuk membersihkan Peripheral :
1.   Kuas
          Kuas adalah salah satu alat yang dapat digunakan untuk membersihkan peralatan pada komponen komputer dari debu atau kotoran seperti pada : keyboard, monitor, mouse, printer, scanner, dll.

2.   Obeng (+/-)
          Obeng diperlukan untuk memperbaiki atau membuka dan menutup skrup pada komponen komputer dan sekaligus untuk menguatkan tutup casing dan komponen komputer. Obeng yang biasa digunakan ada yang berukuran sedang, kecil, dan sedang, baik obeng minus (-) maupun obeng plus (+).
3.   Tang
          Tang dapat digunakan untuk memotong dan menjepit pada peralatan komponen komputer. Tang yang digunakan diantaranya adalah tang lancip dan tang potong, bail yang berukuran sedang maupun yang berukuran besar.
4.   Penyedot Debu
          Penyedot debu sama seperti kuas yang dapat digunakan untuk membersihkan debu dan kotoran lainnya seperti pada keyboard, FAN, printer, scanner, dll. Cara penggunaan penyedot debu ini lebih mudah dan lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan kuas.
5.   Kain Kering
          Kain kering dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran atau cairan yang dapat diakibatkan oleh debu dan kotoran, percikan air minum berwarna, percikan tinta printer, dan sebagainya. Apabila cairan tersebut yang menempel pada peripheral tidak segera dibersihkan, maka dapat pudar atau rusaknya komponen dan konsleting pada rangkaian arus listrik.
6.   Tisu
          Tisu mempunyai sifat mudah menyerap cairan. Tisu ini dapat digunakan untuk mengetes lancar tidaknya tinta pada cartridge printer model inkjet, serta membersihkan kotoran pada drum printer model Laserjet.
7.   Disk Cleaner
          Disk cleaner dapat digunakan untuk membersihkan disk drive apabila penggerak disk tersebut tidak dapat membaca Floppy disk (disket) yang dapat ditimbulkan oleh kotoran atau debu maupun goresan. Disk drive dapat dibersihkan selain dengan menggunakan Disk cleaner, dapat juga dengan menggunakan cairan lain seperti alkohol 75% dengan bantuan cutton buds.
8.   Cd Cleaner
          Cd cleaner hampir sama dengan Disk cleaner yaitu dapat digunakan untuk membersihkan kotoran dari debu maupun goresan. CD drive dapat juga dibersihkan dengan menggunakan cairan lain seperti alkohol 75% dengan diteteskan kedalam permukaan CD.
9.   Cairan Pembersih
          Cairan pembersih digunakan untuk menghilangkan noda atau kotoran seperti seperti : Tinta, kotoran binatang dll. Cairan pembersih dapat digunakan pada monitor, casing, printer, scanner, dll.
10. Multitester
          Multitester banyak digunakan hampir di semua pelayanan jasa service, seperti: elektronik, komputer, motor, mobil, dll. Multitester digunakan untuk mengukur tegangan kapasitas kondensator elektrolit, hambatan, arus listrik, dan tegangan

Magnet

Medan magnet, dalam ilmu Fisika, adalah suatu medan yang dibentuk dengan menggerakan muatan listrik (arus listrik) yang menyebabkan munculnya gaya di muatan listrik yang bergerak lainnya.
1.      Magnet merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan instalasi komputer. Saat melakukan instalasi komputer, sebaiknya kita harus menghindari medan magnet. Dalam komputer, terdapat beberapa komponen yang terbuat dari besi dan sangat rentan terhadap medan magnet. Untuk itu, jangan letakkan piranti yang mengandung medan magnet/elektromagnet kuat di sekitar komponen komputer. Piranti-piranti penghasil medan magnet, misalnya speaker yang tidak berpelindung (unshielded speaker system) atau telepon selular. Jika komponen komputer terkena medan magnet, maka medan magnet tersebut akan masuk ke dalam komputer dan mengganggu kinerja komputer.
2.      Dalam melakukan instalasi komputer, kita tidak boleh menggunakan obeng yang terbuat dari magnet. Obeng tersebut memiliki medan magnet yang dapat mempengaruhi perangkat elektronik dalam komputer. Karena mayoritas komponen pada komputer merupakan perangkat elektronik, maka sebaiknya kita menghindari penggunaan obeng magnet. Jika kita menggunakan obeng magnet saat melakukan instalasi komputer, maka kemungkinan komponen komputer terutama motherboard dapat mengalami kerusakan
karena pengaruh medan magnet yang dimiliki oleh obeng magnet tersebut. Jika motherboard mengalami kerusakan, maka komputer tidak dapat berkerja sebagaimana mestinya.
3.      Pengaruh medan magnet juga akan menyebabkan terjadinya hang atau crash pada komputer, karena saat RAM atau CD drive mencoba untuk mengakses data dan data telah terkena pengaruh medan magnet, maka RAM atau CD drive tidak akan dapat mengakses data yang kita butuhkan.
4.       Dalam proses instalasi, kita disarankan untuk menjauhan benda-benda yang memiliki medan magnet. Benda-benda tersebut dapat berupa peralatan-peralatan elektronik lainnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kerusakan dalam komponen komputer yang rentan terhadap medan magnet. Contohnya dapat terjadi perubahan warna pada layar monitor akibat pengaruh medan magnet yang terjadi. Selain itu, apabila proses instalasi tidak dijauhkan dari benda-benda elektronik lainya, maka ada kemungkinan akan merusak benda-benda elektronik tersebut. Harddisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, Harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya.Magnet bisa mempengaruhi komponen dalam harddisk seperti piringan metal. Piringan metal tersebut berputar secara konstan. Jika terpengaruh magnet maka piringan metal tersebut akan menjadi magnet sementara dalam tingkat yang kecil. Ketika menjadi magnet sementara,piringan tersebut akan mempengaruhi head yang membaca track data, sehingga track yang berputar akan melambat atau semakin cepat dan akanmenyebabkan harddisk tidak dapat membaca data dan menjadi error.


Salah Memilih Voltase Dan Keluaran Dari Power

1.      Listrik merupakan sumber energi bagi hidupnya suatu komputer. Tanpa adanya listrik, komputer hanyalah benda mati yang tidak ada gunanya. Komputer harus memiliki power supply sebagai komponen utama. Power supply merupakan salah satu komponen utama pada komputer yang berfungsi memberikan tenaga (listrik) agar semua komponen dapat beroperasi. Untuk itu sebelum komponen terpasang pada casing, power supply perlu di pasang dahulu.

2.      Pada dasarnya fungsi utama dari power supply adalah mengubah aliran listrik arus bolak-balik (AC) yang tersedia dari aliran listrik (di Indonesia, PLN) menjadi arus listrik searah (DC) yang dibutuhkan oleh komponen pada komputer. Power supply termasuk dari bagian power conversion. Power conversion sendiri terdiri dari tiga macam: AC/DC Power Supply, DC/DC Converter, dan DC/AC Inverter. Power supply untuk komputer sering juga disebut sebagai PSU (Power Supply Unit). PSU termasuk power conversion AC/DC. Power supply diharapkan dapat melakukan fungsi-fungsi berikut ini:

a.       Sebagai konversi input listrik AC menjadi DC, memberikan arus listrik / tegangan DC sesuai dengan yang dibutuhkan, dapat menghasilkan arus listrik DC yang lebih merata, dapat mengendalikan arus listrik / tegangan agar tetap terjaga tetapi tergantung beban daya, dan perubahan kenaikan temperature kerja juga toleransi perubahan tegangan daya input, mencegah naiknya tegangan listrik (jika terjadi).
b.      Power supply merupakan sebuah komponen untuk menyediakan dan mengalirkan arus listrik untuk komponen-komponen lainnya dalam sebuah CPU. Dari arus listrik yang ada dirumah yang dihubungkan ke power supply komputer kita, dari power supply tersebut barulah arus listrik sebesar 220Volt diperkecil dan dibagi-bagi pada komponen lainnya. Rata-rata tegangan yang dihasilkan power supply antara 5-12 volt dan dipakai untuk menghidupkan komponen lain seperti harddisk, mainboard yang akan membaginya lagi kepada keyboard dan mouse serta piranti USB lainnya, cd-room. Power supply sudah menjadi satu paket dengan cassing komputer, ketika Anda membeli sebuah komputer dengan rata-rata tegangan sebesar 350 Watt. Besar tegangan tersebut sudah mencukupi untuk kebutuhan komputer saat ini (kebutuhan standar).

3.      Pasokan listrik komputer dinilai berdasarkan daya keluaran maksimum. Rentang daya yang tipikal adalah dari 300 W sampai 500 W untuk sistem komputer rumah biasa. Dengan tuntutan kebutuhan pasar maka power supply yang digunakan oleh kebanyakan para gamer saat ini mulai dari 450 W sampai 1400 W. Sementara untuk server bisa menggunakan power supply unit dengan daya hingga 2 kW. Pasokan listrik Komputer umumnya sekitar 70-75% efisien. Itu berarti agar power supply 75% efisien untuk menghasilkan output 75 W DC akan memerlukan 100 W input AC dan menghilangkan sisanya 25 W berupa panas. Pasokan listrik yang berkualitas tinggi dapat lebih dari 80% efisien; PSU yang efisien energi lebih sedikit membuang energi menjadi panas, dan membutuhkan aliran udara kurang dingin, dan sebagai hasilnya akan lebih tenang. Konon kabarnya pasokan listrik Server Google lebih dari 90% efisien, pada 2 server HP pasokan listriknya telah mencapai efisiensi 94%. Standar PSUs yang dijual workstation server memiliki efisiensi sekitar 90%, pada tahun 2010.
4.      Pada saat instalasi komputer, sebelum menambahkan komponen lain, power supply harus di matikan. Memasang komponen lain pada saat power supply di hidupkan akan merusak komponen yang akan dipasang.

5.      Instalasi komputer memerlukan teknik dan kemampuan yang baik. Ketelitian sangatlah dibutuhkan terutama dalam hal pemasangan kabel. Kabel pada setiap komponen komputer, harus dipasang dengan tepat agar komputer dapat bekerja dengan benar. Jika beberapa kabel tidak dipasang dengan tepat terutama pada kabel power, maka dikhawatirkan akan terjadi ledakan kecil yang akan merusak komponen komputer yang lainnya.


6.      Sama halnya dengan kita sebagai manusia memerlukan darah untuk dapat hidup. Sebagaimana darah pada diri kita harus mempunyai syarat-syarat tertentu, maka tenaga listrik yang disediakan juga harus memiliki kualitas tertentu pula tergantung pada jenis komputer yang digunakan. Persyaratan-persyaratan tersebut terutama berkisar pada:
1.      Jenis sumber listrik yang digunakan, apakah arus searah atau arus bolak balik,
2.      Range dari perubahan tegangan yang diperkenankan,
3.      Range dari perubahan frekuensi yang digunakan, bila sumbernya berupa arus bolak balik.

7.      Menjadi kewajiban bagi kita untuk dapat memenuhi persyaratan tersebut, agar komuter dapat bekerja dengan baik dan benar. Komputer dapat bekerja dengan baik tentu dengan arus listrik yang stabil. Salah satu alat yang umumnya digunakan untuk menjaga tegangan tetap stabil dan konstan adalah voltage stabilizer. Tanpa menggunakan voltage stabilizer, dapat mengakibatkan tegangan listrik yang tidaklah stabil (naik-
turun), sehingga akan menyebabkan kehilangan data pada komputer, kerusakan parah komponen, dan papan sirkuit terbakar (hangus). Karena itu, dengan menggunakan voltage stabilizer, komputer kita dapat mampu bekerja dengan baik karena tegangan listrik yang konstan pada komputer saat beroperasi.

8.      Dalam instalasi komputer juga lebih baik kita menggunakan UPS (uninterruptible power supply) yang disebut juga dengan backup power atau penyedia listrik cadangan apabila tiba-tiba terjadi padam listrik. Jika terjadi padam listrik secara tiba-tiba saat komputer beroperasi, maka memori akan ter-reset termasuk file yang sedang dibuka dan lupa disimpan (save) akan hilang. Bahkan jika terjadi berulang-ulang juga dapat merusak komponen di dalam perangkat komputer ataupun produk elektronik lainnya, contohnya IC. Tujuan utama pemakaian UPS itu sendiri adalah mengatasi padamnya aliran listrik secara mendadak. Umumnya, UPS akan dapat mempertahankan operasi komputer selama 5-20 menit setelah listrik padam, sehingga kita akan memiliki cukup waktu untuk menghentikan operasi komputer sesuai prosedur normal.

9.      Dalam melakukan instalasi komputer, ada baiknya jika kita memeriksa konektor listrik untuk memastikan apakah konektor tersebut terpasang dengan baik pada tempatnya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi gangguan listrik (electrical interferensi) yang dapat menghambat proses instalasi komputer. Gangguan listrik yang terjadi ini juga dapat kita lihat jika monitor pada komputer kita mengalami kedipan-kedipan (flicker) garis pada layar atau perubahan warna pada layar monitor.

10.  Dalam melakukan instalasi komputer, kita harus berhati-hati terhadap bahaya listrik statis. Listrik statis adalah akumulasi muatan listrik dalam suatu objek. Listrik statis berbahaya bagi komponen komputer, jika berpindah ke komponen lain dalam jumlah yang cukup. Tubuh kita mengandung muatan listrik statis. Saat kelembaban rendah di dalam ruangan instalasi, tubuh kita akan menjadi lebih mudah untuk mengisi dan menyimpan energi listrik statis, sedangkan saat kelembaban tinggi di dalam ruangan instalasi, pengalihan listrik statis dari tubuh kita ke udara lebih mudah. Electrostatic discharge (ESD) adaah istilah yang digunakan untuk menggambarkan transfer listrik statis dari satu objek ke objek yang lain. Saat beraktivitas di sekitar komputer, kita beresiko besar untuk dapat merusak komponen komputer kita dengan ESD tanpa kita sadari. Pelepasan muatan serendah 200 volt dapat menghancurkan sebuah chip komputer. Saat kita merasakan sengatan ketika menyentuh komponen logam di dalam komputer, kemungkinan listrik statis berpindah dari tubuh kita ke komponen atau sirkuit yang kita sentuh. Komponen komputer yang sensitif seperti processor,harddisk, memori, chip dan VGA card bisa rusak parah.Sengatan rendah listrik statis ke komputer kita mungkin tidak langsung terlihat dampaknya,tapi setelah jangka waktu tertentu
komputer kita mulai sering hang dan tidak dapat bekerja dengan baik. Untuk itu, sebaiknya dalam instalasi komputer, kita harus mencegah membangun listrik statis pada tubuh kita, yaitu dengan cara meng-ground-kan tubuh kita, seperti memakai gelang anti-statis agar setiap listrik statis yang kita hasilkan dapat segera dialirkan ke bumi. Selain itu sebaiknya dalam melakukan instalasi komputer, kita tidak memakai pakaian yang terbuat dari wol atau nilon, karena jika kita memakainya, ada kemungkinan kita dapat membangun listrik statis saat kita terlalu banyak bergerak dan menggosok tubuh kita dengan pakaian tersebut saat bekerja dengan komputer.

SENGATAN PETIR,
untuk daerah rawan petir, terutama jaringan komputer yang terhubung menara yang tidak dilengkapi penangkal petir, berbahaya bila terkena petir akan merembet keseluruh jaringan. Karena itu sediakan penangkal petir lebih baik. Tapi apabila tidak dimungkinkan untuk memasang penangkal petir, lebih baik matikan komputer saat terjadi petir
Air Dan Korosi





Korosi atau secara awam lebih dikenal dengan istilah pengkaratan merupakan fenomena kimia pada bahan-bahan logam di berbagai macam kondisi lingkungan. Penyelidikan tentang sistim elektrokimia telah banyak membantu menjelaskan mengenai korosi ini, yaitu reaksi kimia antara logam dengan zat-zat yang ada di sekitarnya atau dengan partikel-partikel lain yang ada di dalam matrik logam itu sendiri. Jadi dilihat dari sudut pandang kimia, korosi pada dasarnya merupakan reaksi logam menjadi ion pada permukaan logam yang kontak langsung dengan lingkungan berair dan oksigen. 
Pada umumnya suatu peralatan elektronik mengandung komponen logam yang mempunyai waktu hidup atau masa pakai tertentu. Korosi pada komponen-komponen tersebut dapat menimbulkan kerugian ekonomi akibat berkurangnya masa produktif peralatan elektronik. Korosi bahkan dapat menyebabkan terjadinya gangguan berupa terjadinya hubungan pendek (konsluiting) yang dapat mengarah kepada terjadinya kecelakaan. Masalah korosi peralatan elektronik merupakan salah satu sumber yang dapat memicu kegagaan operasional serta keselamatan kerja pada suatu industri. Oleh sebab itu, masalah ini sudah selayaknya mendapat perhatian yang serius dari berbagai kalangan.
 Dalam kehidupan sehari-hari, korosi dapat kita jumpai terjadi pada berbagai jenis logam. Bangunan-bangunan maupun peralatan elektronik yang memakai komponen logam seperti seng, tembaga, besi-baja dan sebagainya semuanya dapat terserang oleh korosi ini. Seng untuk atap dapat bocor karena termakan korosi. Demikian juga besi untuk pagar tidak dapat terbebas dari masalah korosi. Jembatan dari baja maupun badan mobil dapat menjadi rapuh karena peristiwa alamiah yang disebut korosi. Selain pada perkakas logam ukuran besar, korosi ternyata juga mampu menyerang logam pada komponen-komponen renik peralatan elektronik, mulai dari jam digital hingga komputer, serta peralatan-peralatan canggih lainnya yang digunakan dalam berbagai aktivitas umat manusia, baik dalam kegiatan industri maupun di dalam rumah tangga.
Korosi merupakan masalah teknis dan ilmiah yang serius. Di negara-negara maju sekalipun, masalah ini secara ilmiah belum tuntas terjawab hingga saat ini. Selain merupakan masalah ilmu permukaan yang merupakan kajian dan perlu ditangani secara fisika, korosi juga menyangkut kinetika reaksi yang menjadi wilayah kajian para ahli kimia. Korosi juga menjadi masalah ekonomi karena menyangkut umur, penyusutan dan efisiensi pemakaian suatu bahan maupun peralatan dalam kegiatan industri. Milyaran Dolas AS telah dibelanjakan setiap tahunnya untuk merawat jembatan, peralatan perkantoran, kendaraan bermotor, mesin-mesin industri serta peralatan elektronik lainnya agar umur konstruksinya dapat bertahan lebih lama. Banyak negara telah berusaha menghitung biaya korosi nasional dengan cara yang berbeda-beda, umumnya jatuh pada nilai yang berkisar antara 1,5 – 5,0 persen dari GNP. Para praktisi saat ini cenderung sepakat untuk menetapkan biaya korosi sekitar 3,5 persen dari GNP. Kerugian yang dapat ditimbulkan oleh korosi tidak hanya biaya langsung seperti pergantian peralatan industri, perawatan jembatan, konstruksi dan sebagainya, tetapi juga biaya tidak langsung seperti terganggunya proses produksi dalam industri serta kelancaran transportasi yang umumnya lebih besar dibandingkan biaya langsung.

Penyebab Korosi

Faktor yang berpengaruh terhadap korosi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu yang berasal dari bahan itu sendiri dan dari lingkungan. Faktor dari bahan meliputi kemurnian bahan, struktur bahan, bentuk kristal, unsur-unsur kelumit yang ada dalam bahan, teknik pencampuran bahan dan sebagainya. Faktor dari lingkungan meliputi tingkat pencemaran udara, suhu, kelembaban, keberadaan zat-zat kimia yang bersifat korosif dan sebagainya. Bahan-bahan korosif (yang dapat menyebabkan korosi) terdiri atas asam, basa serta garam, baik dalam bentuk senyawa an-organik maupun organik. 
Penguapan dan pelepasan bahan-bahan korosif ke udara dapat mempercepat proses korosi. Udara dalam ruangan yang terlalu asam atau basa dapat memeprcepat proses korosi peralatan elektronik yang ada dalam ruangan tersebut. Flour, hidrogen fluorida beserta persenyawaan-persenyawaannya dikenal sebagai bahan korosif. Dalam industri, bahan ini umumnya dipakai untuk sintesa bahan-bahan organik. Ammoniak (NH3) merupakan bahan kimia yang cukup banyak digunakan dalam kegiatan industri. Pada suhu dan tekanan normal, bahan ini berada dalam bentuk gas dan sangat mudah terlepas ke udara. Ammoniak dalam kegiatan industri umumnya digunakan untuk sintesa bahan organik, sebagai bahan anti beku di dalam alat pendingin, juga sebagai bahan untuk pembuatan pupuk. Bejana-bejana penyimpan ammoniak harus selalu diperiksa untuk mencegah terjadinya kebocoran dan pelepasan bahan ini ke udara. 
Embun pagi saat ini umumnya mengandung aneka partikel aerosol, debu serta gas-gas asam seperti NOx dan SOx. Dalam batubara terdapat belerang atau sulfur (S) yang apabila dibakar berubah menjadi oksida belerang. Masalah utama berkaitan dengan peningkatan penggunaan batubara adalah dilepaskannya gas-gas polutan seperti oksida nitrogen (NOx) dan oksida belerang (SOx). Walaupun sebagian besar pusat tenaga listrik batubara telah menggunakan alat pembersih endapan (presipitator) untuk membersihkan partikel-partikel kecil dari asap batubara, namun NOx dan SOx yang merupakan senyawa gas dengan bebasnya naik melewati cerobong dan terlepas ke udara bebas. Di dalam udara, kedua gas tersebut dapat berubah menjadi asam nitrat (HNO3) dan asam sulfat (H2SO4). Oleh sebab itu, udara menjadi terlalu asam dan bersifat korosif dengan terlarutnya gas-gas asam tersebut di dalam udara. Udara yang asam ini tentu dapat berinteraksi dengan apa saja, termasuk komponen-komponen renik di dalam peralatan elektronik. Jika hal itu terjadi, maka proses korosi tidak dapat dihindari lagi. 
Korosi yang menyerang piranti maupun komponen-komponen elektronika dapat mengakibatan kerusakan bahkan kecelakaan. Karena korosi ini maka sifat elektrik komponen-komponen elektronika dalam komputer, televisi, video, kalkulator, jam digital dan sebagainya menjadi rusak. Korosi dapat menyebabkan terbentuknya lapisan non-konduktor pada komponen elektronik. Oleh sebab itu, dalam lingkungan dengan tingkat pencemaran tinggi, aneka barang mulai dari komponen elektronika renik sampai jembatan baja semakin mudah rusak, bahkan hancur karena korosi. Dalam beberapa kasus, hubungan pendek yang terjadi pada peralatan elektronik dapat menyebabkan terjadinya kebakaran yang menimbulkan kerugian bukan hanya dalam bentuk kehilangan atau kerusakan materi, tetapi juga korban nyawa. 

Pengendalian Korosi

Peristiwa korosi pada logam merupakan fenomena yang tidak dapat dihindari, namun dapat dihambat maupun dikendalikan untuk mengurangi kerugian dan mencegah dampak negatif yang diakibatkannya. Dengan penanganan ini umur produktif peralatan elektronik menjadi panjang sesuai dengan yang direncanakan, bahkan dapat diperpanjang untuk memperoleh nilai ekonomi yang lebih tinggi. Upaya penanganan korosi diharapkan dapat banyak menghemat biaya opersional, sehingga berpengaruh terhadap efisiensi dalam suatu kegiatan industri. 
Pengendalian korosi pada peralatan elektronik dapat dilakukan melalui pengendalian lingkungan atau ruangan di mana peralatan tersebut ditempatkan. Penanganan masalah korosi berkaitan dengan perawatan dan perbaikan fasilitas produksi serta peralatan penunjang lainnya. Kegiatan ini harus dapat mengidentifikasi, mengantisipasi dan menangani masalah korosi pada alat, mesin dan fasilitas industri secara keseluruhan. Pemantauan korosi perlu dilakukan secara periodik. Upaya menghambat laju korosi harus terintegrasi dengan program perawatan dan perbaikan sehingga diperoleh hasil yang terbaik. Pengendalian laju korosi melalui pengendalian lingkungan umumnya dilakukan dengan menjaga kelembaban udara dan pengendalian keasaman lingkungan. Namun pengendalian lingkungan ini hanya mungkin dilakukan untuk peralatan yang berada dalam suatu ruangan, dan tidak mungkin dilakukan terhadap fasilitas yang berinteraksi langsung dengan lingkungan di luar ruangan. Upaya pengendalian korosi ini harus melibatkan semua fihak yang terlibat dalam pengoperasian alat, mesin, instalasi serta fasilitas lainnya. Masalah korosi dan upaya pengendaliannya perlu diperkenalkan kepada seluruh jajaran direksi dan karyawan yang terlibat langsung dalam kegiatan industri. Ada beberapa usaha yang dapat ditempuh dalam upaya pengendalian korosi peralatan elektronik, antara lain adalah :
Kaos Tangan Lateks
Kaos tangan lateks digunakan agar komponen-komponen yang dipegang menggunakan tangan tidak tersentuh langsung dengan komponen karena adanya kaos tangan ini, kaos tangan ini juga akan mempermudah dalam melakukan perawatan dikarenakan tidak ada batasan dalam menyentuh komponen pada PC.
·         Kaos tangan lateks digunakan agar komponen-komponen yang dipegang menggunakan tangan tidak tersentuh langsung dengan komponen karena adanya kaos tangan ini, kaos tangan ini juga akan mempermudah dalam melakukan perawatan dikarenakan tidak ada batasan dalam menyentuh komponen pada PC.
  • Menyimpan bahan-bahan korosif sebaik mungkin sehingga terjadinya kebocoran, penguapan serta pelepasan ke lingkungan dapat dihindari. Pengecekan bejana penyimpan bahan kimia korosif yang mudah menguap perlu dilakukan secara periodik, sehingga adanya kebocoran bahan tersebut segera dikenali dan dapat diambil tindakan sedini mungkin untuk menghindari efek yang lebih luas. 
  • Melakukan pemeliharaan rumah tangga perusahaan secara baik termasuk ketertiban dan kebersihan dalam perusahaan.
  • Pengoperasian alat dehumidifier untuk mengurangi kelembaban udara dalam ruangan yang di dalamnya menyimpan peralatan elektronik mahal dan rentan terhadap serangan korosi. Peralatan-peralatan elektronik yang rawan terhadap pengaruh korosi perlu disimpan di ruang tertutup, jauh dari kemungkinan pencemaran udara akibat terlepasnya bahan-bahan korosif ke lingkungan. 
  • Menutup alat sewaktu tidak dipergunakan untuk menghindari masuknya debu-debu ke dalam alat. Perlu diketahui bahwa debu dapat tertempeli polutan korosif yang apabila terbang terbawa udara dapat masuk ke dalam alat dan menempelkan dirinya ke permukaan komponen-komponen elektronik di dalam alat tersebut.
  • Pendidikan tentang faktor-faktor penyebab korosi dan akibatnya perlu juga diberikan kepada karyawan yang bersentuhan langsung dengan pengoperasian alat, agar mereka selalu menjaga dan mau mengikuti instruksi-instruksi yang digariskan dalam kaitannya dengan perawatan peralatan elektronik. 
  • Hal yang tak kalah pentingnya dalam upaya menjaga peralatan dari masalah korosi ini adalah dukungan dan perhatian yang serius dari sistim manajemen. Pengawasan dan perhatian yang serius perlu diberikan oleh para pimpinan terhadap manajemen perawatan peralatan-peralatan elektronik
Sistem Backup Software Dan Media Yang Dapat Digunakan Penyimpanan Data Yang Penting Dalam Pc





Backup data / file komputer merupakan hal yang cukup sederhana namun sering kali dilupakan. Kebanyakan orang yakin tidak akan kehilangan data-data yang mereka miliki. Padahal harddisk komputer merupakan komponen yang sangat mungkin untuk rusak, entah apapun penyebabnya. Flashdisk mudah hilang dan mempunyai lifetime yang tidak bisa ditebak.
Pernahkah terbayang jika kamu hanya menyimpan data-data penting di satu tempat, misalnya di komputer pribadi / laptop? Lalu apa yang terjadi ketika tiba-tiba komputer kamu terserang virus? Tidak ada yang bisa menjamin keutuhan data-data yang kamu miliki. Bisa saja data kamu dirusak oleh virus, dimodifikasi, atau bahkan dihapus. Siapa tahu?

Fakta Berbicara

Pentingnya backup data sering kali dilupakan bahkan oleh orang yang mempunyai data-data penting yang sangat banyak. Saya tidak akan menceritakan secara gamblang, yang jelas ada seorang kepala institusi yang kerepotan sewaktu harddisk komputernya rusak. Dia tidak mempunyai backup data dimanapun. Semua data hanya ada di satu komputer, satu harddisk. Bukan hanya pemilik komputer itu yang terkena masalah, orang-orang di sekelilingnya pun ikut terkena imbasnya, karena data-data yang terdapat di komputer itu tidak hanya data pribadi, tetapi juga data-data umum yang diperlukan staf kerja lain.
Pernah mendengar mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan ulang dokumen skripsinya karena datanya hilang? Ya, itu pernah terjadi, paling tidak saya pernah beberapa kali mendengarnya secara langsung. Dia beralasan kalau keterlambatan pengumpulan dokumen skripsi terjadi karena dia harus menulis ulang dokumen yang rusak terkena virus. Kalau sudah begini siapa yang rugi?
Jika data yang hilang adalah satu lembar surat buatan sendiri, mungkin dengan waktu singkat kita dapat membuatnya ulang. Bagaimana jika data yang hilang tersebut merupakan hasil kerja keras selama berbulan-bulan? Bagaimana jika data yang hilang merupakan kenangan, data yang tidak mungkin dibuat ulang?

Pemulihan Data

Umumnya data yang kita hapus akan masuk ke recycle bin. Setelah data dihapus dari recycle bin, data tersebut sudah tidak akan terlihat lagi. Tidak terlihat bukan berarti tidak ada :D . Di windows kita dapat memulihkan (menampilkan kembali) data yang kita hapus dengan bantuan software seperti recuva. GNU/Linux mempunyai software bawaan untuk melakukan tugas pemulihan data, sedikit panduan pemulihan bisa kamu ikuti di www.cyberciti.biz.
Perlu diingat bahwa proses pemulihan data tidak akan 100% sukses! Kebanyakan proses pemulihan data hanya akan mengembalikan sedikit, dari banyak data yang hilang. Hal ini terjadi karena data yang sudah terhapus tertimpa data yang lain, sehingga menjadi “benar-benar terhapus”. Data yang rusak karena virus pun sulit untuk dipulihkan, semua tergantung “tingkat kejahatan” virus tersebut. Flashdisk, CD/DVD, harddisk eksternal dapat dengan mudah hilang kalau kamu tidak menjaganya dengan baik. Jika ini terjadi, silahkan ucapkan selamat tinggal :D .

Media Penyimpanan

Media untuk melakukan backup data bisa bermacam-macam. Data bisa di-backup ke harddisk lain dalam satu komputer, ke CD/DVD, ke flashdisk, ke harddisk eksternal, ke komputer/laptop temen, atau media penyimpanan di Internet. CD/DVD bukan merupakan media yang tepat untuk backup data, karena CD/DVD merupakan media yang rentan rusak. Selain itu sulit untuk menambahkan data baru ke CD/DVD yang sudah terisi. Komputer temen juga bukan merupakan pilihan yang baik, karena mereka mungkin tidak ada ketika kita membutuhkan data yang kita backup, yaa namanya juga temen. Hehe
Harddisk lain di satu komputer (bukan partisi lain di satu harddisk) merupakan pilihan yang mudah, namun kebanyakan orang lebih memilih untuk mengganti harddisk ke volume yang lebih besar jika harddisk mereka sudah penuh. Padahal harddisk lama masih dapat digunakan untuk media backup. Harddisk eksternal dan flashdisk sudah menjadi pilihan utama orang untuk backup data (khusus orang-orang yang sadar akan pentingnya backup data). Flashdisk mempunyai volume yang tidak begitu besar untuk memuat semua backup data, tetapi mempunyai portabilitas yang tinggi (bisa dibawa kemana-mana). Harddisk eksternal mempunyai portabilitas yang cukup tinggi dan volume yang rata-rata besar, sangat cocok untuk backup data.
Media penyimpanan data di Internet (online) cukup banyak, mungkin akan saya bahas di artikel lain. Contoh media penyimpanan online yang memang ditujukan untuk membantu penggunanya dalam mem-backup data adalah dropbox, sugarsync, dan spideroak.

Otomatisasi

Salah satu penyebab malasnya orang mem-backup data adalah rasa repot dalam mem-backup data. Mereka merasa harus bekerja keras untuk meng-copy file dan folder yang banyak dan berbeda-beda lokasi. Hal yang sedang saya tulis sekarang adalah backup data komputer. Jika kita bicara tentang komputer, maka hampir selalu ada cara untuk meng-otomatisasi kerja kita, termasuk backup data. Software favorit saya untuk backup data adalah bvckup (bukan salah ketik, memang namanya seperti itu). Tampilan yang sederhana dan menarik, penggunaan yang simpel, cepat, dan mudah adalah kelebihan dari bvckup. GNU/Linux seperti ubuntu dan fedora bisa menggunakan luckyBackup yang merupakan favorit banyak pengguna GNU/Linux.
Dengan adanya software-software ini, seharusnya faktor malas sudah bisa dihilangkan, semua proses backup akan dilakukan secara otomatis.

Minimal 2 Media

Saya selalu merasa satu backup tidaklah cukup. Apabila harddisk komputer saya rusak, saya masih mempunyai backup data di harddisk eksternal. Lalu apa yang terjadi jika harddisk eksternal saya rusak/hilang? Semua usaha mem-backup, walaupun sudah dibantu software, akan terasa sia-sia. Lain ceritanya jika saya mempunyai media backup yang lain, misalnya di dropbox. Meskipun sedih harddisk komputer dan harddisk eksternal saya rusak, tetapi hati akan sedikit terobati.
Bagaimana jika saya sudah membuat beberapa backup data, dan semuanya rusak/hilang? Misalnya data utama saya ada di komputer, backup data ada di harddisk eksternal dan dropbox. Lalu harddisk komputer saya rusak, harddisk eksternal saya dicuri orang, dropbox bangkrut dan mereka (staf dropbox) tidak mau bertanggung jawab dengan menghapus semua data. Apa yang harus kita lakukan? Bersabarlah, mungkin memang ini sudah menjadi takdir :D . Cerita saya barusan kecil kemungkinan untuk terjadi, dan jika memang terjadi, paling tidak saya sudah berusaha untuk membuat hidup saya menjadi lebih baik.

Pemborosan

Kalau kamu mengikuti saran saya untuk selalu mem-backup data, bahkan ada dua backup di dua media yang berbeda, mungkin kamu merasa telah/akan terjadi pemborosan ruang (disk space). Mungkin kamu sempat berfikir ruang harddisk yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk keperluan lain, misalnya untuk menyimpan jutaan lagu, puluhan DVD film, dll. Terkadang saya juga berfikir seperti itu, tetapi semua keuntungan dalam mem-backup data telah saya rasakan. Saya tidak merasa repot, bingung, dan frustasi, ketika kehilangan data di satu tempat, saya masih punya backup di tempat lain.
Triknya adalah backup data yang kamu rasa itu penting dan butuhkan, entah untuk sekarang atau dikemudian hari. Jangan mem-backup data-data yang tidak/kurang penting, apalagi mem-backup keseluruhan data yang kamu miliki. Hal ini akan memakan waktu yang banyak dan pasti akan jadi pemborosan ruang harddisk. Contoh data yang sebaiknya jangan di-backup adalah software-software bajakan (eh…), file-file mp3 bajakan (lho?!), dan file-file sistem operasi yang di-backup juga percuma, karena file-file tersebut tidak akan bermanfaat untuk kamu.

Kesimpulan

Backup data merupakan tindakan preventif yang sangat perlu untuk dilakukan semua pengguna komputer. Pilihlah media penyimpanan backup yang paling tepat untuk kamu, dan buatlah dua backup di dua media penyimpanan yang berbeda dengan bantuan software, sehingga proses backup menjadi otomatis.
Semoga artikel ini bisa membantu meyakinkan pembaca akan pentingnya backup data

Diaknotic Software Tools System Seperti Norton, Disk Tool, Dan Anti Virus





Windows menggabungkan alat-alat tertentu seperti Disk Defragmenter, Disk Clean-up adalah alat untuk ruang disk, Tugas Terjadwal, dll.Hampir semua perangkat tersebut dirancang untuk mengoptimalkan perilaku komputer. Selanjutnya kita akan belajar lebih terinci tentang beberapa alat yang paling berg
scandisk
Alat ini digunakan untuk mencari kesalahan dalam sistem unit dan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan. Ketika komputer dimatikan secara tiba-tiba ada kemungkinan bahwa beberapa file mungkin rusak. Scandisk diluncurkan untuk memeriksa sistem dan memperbaiki segala kesalahan yang mungkin ditemukan. Alat ini biasanya digunakan ketika kita memiliki disk yang rusak. Dengan menggunakan itu kita dapat memperbaiki kesalahan yang mungkin dan karena itu mengembalikan informasi yang dikandungnya.una.
DiskDefragmenter
Alat ini bertugas mereorganisasi informasi yang disimpan dalam disk, alat ini pun juga dapat memperbaiki kesalahan pada unit. Windows menggabungkan alat ini karena disk menjadi lambat seperti kita menyimpan data baru dan menghapus data lama. Inilah sebabnya mengapa kita perlu untuk mengatur kembali informasi sehingga ruang bebas diantara informasi yang menghilang dan performa harddisk kita membaik. Dengan melakukan ini kita juga akan dapat mengakses informasi lebih cepat. Free space yang dihasilkan ketika informasi dari disk yang akan dihapus, akan mempengaruhi ukuran file dan program yang digunakan. Ini adalah alasan mengapa ketika kita melihat properti dari file muncul dua ukuran, ukuran nyata dari file dan ruang yang file digunakan dalam disk. Jika kita adalah defragment disk, kita akan melihat bahwa perbedaan antara kedua ukuran tersebut berkurang .
Information system
Alat ini, seperti namanya, bertanggung jawab atas menampilkan informasi tentang sistem, seperti aplikasi yang terinstal, driver, prosesor, dll.Di sini Anda dapat menemukan informasi seperti model, versi, perusahaan dari program komputer dan perangkat keras anda. Ada juga informasi yang lebih spesifik yang hanya untuk digunakan oleh para ahli, seperti the E/S, Ports, etc.
System Restore
Alat ini bertugas memulihkan registri Windows, yang merupakan tempat dimana semua informasi tentang perubahan konfigurasi disimpan. Sistem itu sendiri membuat salinan registri sewaktu-waktu. Jadi dengan alat ini kita bisa mengembalikan beberapa salinan atau kita bisa menghasilkan salinan baru dari registri saat ini ketika kita akan membuat perubahan-perubahan penting pada konfigurasi sistem. Dengan cara ini kita dapat dengan mudah kembali dan mengembalikan sistem jika konfigurasi yang baru tidak bekerja dengan benar.
Perangkat lunak utilitas
merupakan perangkat lunak komputer yang didisain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem.Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan penggunaannya pada pengoptimasian fungsi dari infrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer.Kebanyakan perangkat keras utilitas ini dibuat secara khsus untuk melakukan fungsi tertentu pada suatu area komputasi secara spesifik, seperti memformat harddisk, atau melakukan pengecekan konektifitas jaringan. Namun dalam perkembangannya sejumlah perangkat lunak utilitas terkadang pula dipaketkan dalam satu paket utilitas yang ditujukan untuk beragam kebutuhan.
FITUR-FITUR PROGRAM UTILITAS :
  • Backup, utilitas untuk melakukan backup data yang ditujukan untuk membuat duplikat arsip untuk menghindari terjadinya kehilangan data bila perangkat penyimpanan tidak dapat berfungsi. Contoh utilitas backup yang cukup popiler adalah Norton Backup (dari Symantec) dan Colorado Scheduler.
  • Pemulihan Data, utilitas pemulihan data digunakan untuk mengembalikan data yang secara fisik telah rusak atau berubah. Data dapat dirusak oleh virus, perangkat lunak yang buruk, kegagalan perangkat keras, dan fluktuasi daya listrik yang terjadi ketika data sedang ditulisi/diubah.
  • Anti virus, perangkat lunak antivirus men-scan semua disk dan memori untuk mendeteksi kehadiran virus, dan mengisolasinya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
  • Kompresi data, utilitas kompresi berfungsi untuk memperkecil ukuran sebuah dokumen sehingga dapat menghemat pemanfaatan ruang penyimpanan, serta mempermudah pendistribusian.

Menggunakan Obeng Magnet

Apakah Anda pernah menggunakan obeng magnet (magnetic screwdriver) ketika mencoba membongkar komputer atau memperbaiki komputer? Jika Anda pernah melakukannya, maka sebaiknya Anda berhenti dan tidak melakukannya lagi. Mengapa?
Seperti yang tersurat pada namanya, obeng magnet, obeng tersebut memiliki medan magnet yang dapat mempengaruhi perangkat elektronik. Karena mayoritas komponen pada komputer merupakan perangkat elektronik, maka sebaiknya Anda menghindari penggunaan obeng magnet ketika ingin membuka casing untuk memperbaikinya atau untuk keperluan lain semisal upgrade, dan sebagainya.
Jika Anda memaksa menggunakan obeng magnet, maka kemungkinan komponen komputer terutama motherboard dapat mengalami kerusakan karena pengaruh medan magnet yang dimiliki oleh obeng magnet. Hal ini merupakan hal yang sangat mungkin terjadi, dan memang telah benar-benar terjadi.
Sebagai contoh kasus, ketika penulis memperbaiki komputer menggunakan obeng magnet, sebelum “diperbaiki”, motherboard dapat berjalan sebagaimana mestinya. Namun sayang sekali, setelah langkah “perbaikan” yang dilakukan, motherboard malah menjadi tidak dapat berjalan sama sekali. Kemungkinan terjadi sentuhan antara obeng magnet dengan motherboard yang mengakibatkan gangguan elektronik pada motherboard.
Jadi, apakah Anda masih ingin menggunakan obeng magnet untuk memberbaiki komputer Anda? Mengingat “efek samping” yang dapat sebabkan oleh obeng magnet, maka sebaiknya Anda tidak melakukannya lagi.

Antistatic Wrap Untuk Menghindari Arus Statik Selama Melakukan Perbikan

Waspada Arus Statis

Masalah lain yang juga tidak perlu disebutkan lagi adalah arus statis yang merupakan musuh komponen computer. Sebelum memegang komponen, pastikan anda menetralisasi diri anda, terutama pada musim dingin atau didaerah udara kering. Jika anda seperti mendapat kejutan setiap kali anda menyentuh harddisk, itu pertanda bahwa anda harus ekstra hati – hati saat menangani harddisk tersebut.
Perhatikan jika peletakan harddisk. Kadang diantara kita meletakkan harddis diatas speaker, TV, dan peralatan rumah tangga atau perangkat lain yang dapat menghasilkan gelombang elektromagnetik. Memang, magnet pada sebagian besar peralatan/perangkat tersebut tidak cukup kuat untuk menghapus harddisk, tetapi kita tidak perlu mengambil resiko
Bahan Untuk Mengorganisasikan Kabel Agar Tidak Berseliweran

 

Kabel Pengikat

Ini bukan ide baru. Gunakan kabel berkawat untuk mengikat kabel menjadi satu.Keunggulannya, selain kabel tampak rapi, harga kawat juga lumayan murah dan mudah dicari
jangan menggunakan karet gelang atau karet yang meleleh akibat panas yang ditimbulkan oleh komputer karna akn menyebabkan arus statis atau kerusakan pada komponen di dalam cassing komputer
Connectoring Cleaning Untuk Membersikan / Kain Atau Serbet Yang Tidak Mudah Rontok Serat Benangnya
bagaimana Cara Membersihkan Komputer Dengan Aman?
Berhati-hati saat membersihkan komputer jika salah bisa memperpendek umur komputer tersebut. Cara membersihkan komputer Anda: tetap berfungsi dalam bentuk puncak ujung.
Spesialis perbaikan komputer akan memberi tahu Anda bahwa pelanggan mereka yang paling sering adalah mereka yang tidak menjaga peralatan mereka. Komputer manual melakukan pekerjaan yang besar menunjukkan kepada kita apa yang dapat dilakukan mesin-mesin kami, namun meninggalkan banyak yang harus diinginkan ketika datang untuk merawat peralatan kita. Anda tidak akan pernah membeli sepasang celana, tentu saja, dan memakai mereka hari demi hari tanpa mencucinya. Namun, ribuan pengguna komputer power up secara teratur tanpa berpikir untuk melakukan lebih dari menyeka monitor. Debu, polusi udara dalam ruangan dan bahkan penumpukan listrik statis dapat melakukan kerusakan serius pada mesin Anda. Untungnya, belajar bagaimana merawat dengan benar komputer Anda dan semua komponen itu tidak sulit.
APA YANG AKAN ANDA BUTUHKAN:
Kain lembut atau anti statis kain, kapas penyeka, air sabun, anti-static spray (Opsional), pembersih khusus (Opsional), dapat udara terkompresi, alkohol penyeka (Opsional)
Sebagai aturan pencegahan, selalu mencabut komponen Anda dan matikan mesin anda sebelum melakukan apapun pembersihan.
THE MONITOR Dirt dan debu tertarik pada monitor anda setiap hari dan dapat secara serius menghalangi pandangan yang bersih. Banyak dokter setuju bahwa sebuah diperhatikan monitor komputer dapat mengakibatkan masalah penglihatan, termasuk mata lelah serius. Jadi, sangatlah penting untuk memberikan perhatian khusus ke layar telepon Anda secara teratur.


Alat Peniup Debu Dan Kuas Yang Lembut
Blower ini  digunakan untuk menghilangkan debu soft yang susah dihilangkan dengan menggunakan Tissu, blower ini akan betul-betul menghilangkan semua debu yang ada pada perangkat PC. jika tidak terdapt Blower anda dapat menggunakan Kuas namun jika menggunakan kuas tidak akan membersihkan bagian-bagian sulit pada komponen PC.

Perawatan secara berkala terhadap pc dapat memberikan pengaruh yang signifikan atas usia pakai pc itu sendiri, bukan semata debu dan kotoran yang akan selalu bertambah didalam casing pc yang perlu dibersihkan melainkan beberapa part mekanik yang juga perlu dilumasi dengan pelumas. Terlebih pada pc-pc yang digunakan pada kantor, warnet, dan tempat-tempat lain yang menuntut pc bekerja secara terus-menerus. Berikut langkah-langkah dalam membersihkan pc :
1.      Memutus arus listrik, lepas semua kabel yang terhubung dengan sumber listrik dan peripheral lain, semisal keyboard, mouse, monitor dan printer. Pastikan tak ada lagi kabel menujucpu.
2.      Bersihkan power supply unit (psu), power supply yang kotor karena debu dapat membuat temperatur didalam power supply melonjak, terlebih bila kipas yang ada didalam psu bergerak lamban karena kotor oleh debu dan tak terlumasi dengan baik. Lepaskan kabel psu yang menuju mainboard, lepaskan baut-baut yang mengikat psu pada casing, bila masa garansi psu anda telah berakhir maka tak perlu ragu untuk membuka penutup psu, langkah ini akan mempermudah anda membersihkan psu, bersihkan seluruh debu dengan kuas kecil yang lembut dan tiup dengan kompresor bertekanan rendah atau dengan alat peniup (blower). Semprot bearing pada kipas dengan wd40, teteskan minyak pelumas pada bearing kipas. Pasang kembali tutup body psu.
3.      Bersihkan ram, harddisk, cd rom. Lepas semua komponen tersebut dari dudukannya. Bersihkan debu yang menempel pada permukaan komponen-komponen tersebut. Khusus untuk ram, perhatikan kaki-kaki konektor yang berwarna keemasan, bila warna kakinya terlihat kurang mengkilap, bersihkan dengan penghapus pensil, dan lihat hasilnya, kaki-kaki konektor ram akan mengkilat, kondisi ini akan memperbaiki kualitas hantaran antararamdenganmainboard.

4.      Bersihkan mainboard. Tampak yang tersisa di casing mungkin hanya tinggal mainboard. Lepaskan seluruh baut yang mengikat mainboard dengan casing, lakukan secara hati-hati agar mata obeng tidak merusak mainboard. Bersihkan mainboard dari debu yang menempel dengan kuas secara perlahan dan hati-hati. Perhatikan slot-slot konektor seperti slot untuk ram, pci, pci-ex dan lainnya, pastikan tak ada debu yang menyelinap didalam slot-slot tersebut. Bersihkan pula permukaan belakang mainboard.
5.      Bersihkan heatsink procesor. Bagian ini adalah bagian yang sangat beresiko. Lepaskan pengikat heatsink dengan mainboard. Angkat perlahan heatsink dari dudukannya, biasanya thermal paste yang ada dibawah permukaan heatsink akan merekat erat dengan procesor, bila terasa sulit untuk mengangkat heatsink dari dudukannya, lakukan dengan memutar-mutar heatsink secara perlahan. Setelah heatsink terlepas, bersihkan kipas dari debu dan lumasi bearing kipas seperlunya. Bersihkan sisa-sisa thermal paste pada permukaan heatsink.
6.      Bersihkan procesor, lepaskan procesor dari dudukannya, bersihkan sisa thermal paste yang melekat, dan pastikan tak ada debu yang menyelinap pada dudukan procesor.

7.      Bersihkan casing. Setelah tak ada peripheral yang tersisa didalam casing, bersihkan semua bagian casing dari debu, bila diperlukan, gunakan cairan pembersih serbaguna yang banyak terdapat di toko-toko serba ada.
8.      Merakit kembali. Setelah semua bersih, pasang kembali semua komponen. Dimulai dari pemasangan procesor, beri thermal paste secukupnya jangan terlalu banyak, pastikan seluruh permukaan procesor tertutupi secara tipis oleh thermal paste. Lanjutkan dengan memasang seluruh komponen dengan urutan terbalik ketika membongkarnya.
9.      Running test. Hidupkan pc dan perhatikan process yang berjalan, pantau suhu procesor dan pastikan seluruh kipas berfungsi



















POPULAR POST