Entity Relationship Diagram ATM



Dari sistem yang akan dibuat, dapat diketahui ada 3 entitas yang dapat digunakan.
Berikut entitas beserta atribut dan hubungannya.

1. Entitas Nasabah
    Atribut : No_Idkartu, PIN, nama dan alamat
2. Entitas Operator
    Atribut : No_id, nama
3. Entitas ATM
    Atribut : No_atm, jumlah_uang, layanan





2. Data Flow Diagram Level 0 (Diagram Context)



Sistem ATM akan meminta data autentifikasi dari nasabah beserta request services yang diinginkan nasabah, sebaliknya Sistem akan melakukan respon transaksi yang yang dilakukan nasabah. Pada Operator ATM, sistem akan mengirimkan notifikasi deposit yang selamjutnya operator akan memverifikasi deposit tersebut dan memasukan jumlah stok uang pada ATM



3. Data Flow Diagram Level 1


1 : Pengelolaan ATM
Proses ini hanya dapat diakses oleh operator. Kegiatan yang mungkin dilakukan adalah melakukan verifikasi deposit dan memasukkan jumlah cash on hand. Semua aktivitas direkam dalam Log ATM.
2 : Transaksi ATM
Proses ini diakses oleh nasabah dan mencakup kegiatan perbankan seperti penarikan tunai, transfer dana antar rekening, deposit uang, dan  pengecekan saldo. Semua transaksi direkam dalam Log Transaksi.






4. Data Flow Diagram Level 2 Proses 1 (Proses Pengelolaan ATM)


1.1 : Autentikasi Operator
Proses ini harus dilalui sebelum operator dapat mengakses proses yang lain. Autentikasi dilakukan dengan menggunakan kode dan password. Jika Respon Autentikasi Operator dari Sistem Bank OK, maka operator dapat melanjutkan. Jika salah, sistem akan menampilan pesan autentikasi.
1.2 : Verifikasi Deposit
Mesin ATM membaca Log Transaksi untuk mengetahui apakah ada deposit dari nasabah. Jika ada, operator akan menerima notifikasi dari mesin ATM bahwa ada deposit dari nasabah. Kemudian operator melakukan verifikasi terhadap amplop (yang diambil dari dalam mesin ATM) dan memberikan konfirmasi/verifikasi kepada ATM. Mesin ATM kemudian melakukan request verifikasi deposit kepada sistem bank dan menerima respons. Semua hal ini direkam dalam Log ATM.
1.3 : Start Stop Mesin
Proses ini akan menghidupkan atau mematikan mesin, sesuai dengan request dari operator. Setiap kegiatan menghidupkan atau mematikan mesin direkam dalam Log ATM.
1.4 : Set Stok Uang
Operator memasukkan jumlah uang tunai yang berada dalam mesin ATM. Jumlah uang
yang dimasukkan direkam dalam Log ATM.

5. Data Flow Diagram Level 2 Proses 2 (Transaksi ATM)


2.1 : Autentikasi Nasabah
Proses ini akan memeriksa keabsahan Data Autentikasi yang dimasukkan oleh nasabah. Data Autentikasi berupa No Kartu dan PIN. Sistem akan melakukan validasi No Kartu dan PIN dengan Sistem Bank Jika validasi berhasil, nasabah dapat melanjutkan ke proses transaksi. Jika validasi gagal, maka nasabah tidak dapat melanjutkan dan pesan kegagalan proses autentikasi akan ditampilkan ke nasabah.
2.2 : Transaksi Penarikan
Nasabah memasukkan jumlah uang tunai yang ingin diambil. Kemudian ATM melakukan validasi dengan sistem bank. Jika respons dari sistem bank OK, maka ATM akan mengeluarkan uang tunai. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
2.3 : Transaksi Deposit
Nasabah memasukkan jumlah uang yang ingin di-deposit ke rekening bank. Kemudian ATM melakukan validasi dengan sistem bank. Jika respons dari sistem bank OK, maka ATM akan mengizinkan nasabah untuk memasukkan  uang tunai atau cek. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
2.4 : Transaksi Transfer
Nasabah memasukkan data transfer (nomor rekening tujuan dan jumlah uang). Kemudian ATM melakukan validasi dengan sistem bank. Jika respons dari sistem bank OK, berarti transfer dana berhasil dilakukan. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
2.5 : Pengecekan Saldo
ATM melakukan request saldo kepada sistem bank. Kemudian ATM mencetak sebuah struk yang berisi informasi saldo nasabah. Setiap transaksi direkam dalam Log Transaksi.
Read More

Notepad++ 6.3


Kelebihan Notepad++ jika dibanding Notepad bawaan Windows adalah memiliki kelengkapan fitur untuk mempermudah pengguna saat mengedit kode termasuk saat mengedit kode HTML dan kode CSS
Bagi sobat blogger yang biasa menggunakan Notepad bawaan Windows, kini dapat mencoba Notepad++ sebagai Text Editor untuk merancang pembuatan website. Meskipun tidak semudah Dream Weaver dan Front Page saat pembuatan kode, tetapi program ini lebih disenangi para webmaster yang menyukai pembuatan perogram melalui kode tanpa design view.

Fitur-fitur Notepad++ :
  1. Tabbed document interface
  2. Drag-and-drop
  3. Multiple Clipboard (plugin required)
  4. Split screen editing and synchronized scrolling
  5. Spell checker (requires Aspell) (Spell checker does not distinguish between text and code)
  6. Supports text encoding formats such as Unicode, for international writing systems
  7. Find and replace over multiple documents
  8. File comparison
  9. Zooming
DOwnload Notepad++ 6.3
Pass : putra tabalagan
Read More

Pemrograman Dengan C++


Pemrograman Dengan C++ (Part I)
Pengantar
Apa itu program? Bagaimanakah membuatnya? Jika sudah dibuat, apakah gunanya? Mungkin itu adalah pertanyaan – pertanyaan dari orang – orang yang baru saja mengenal komputer. Program adalah semacam sebuah metode penyelesaian masalah yang disediakan dalam komputer untuk digunakan oleh manusia dalam mempermudah pekerjaannya / kegiatannya. Kurang lebih itulah pengertian program, paling tidak  menurut saya. Lantas, bagaimana membuatnya? Pembuatan program adalah dengan memberi “perintah” sedemikian rupa kepada komputer sehingga “terciptalah” program itu yang kemudian disimpan dalam memori komputer. Lalu, apa yang “diperintahkan” pada komputer sehingga program itu dapat terbentuk? Tidak ada yang berpikiran bahwa dia harus mengatakan kepada komputer: “Buatkan saya sebuah program yang bagus yang mau  dipake untuk pembukuan perusahaan saya.” , kan?  Kita, tentu saja, harus “ngobrol” dengan komputer dengan bahasa yang bisa dimengerti olehnya. Bahasa apa itu? Sudah banyak dibuat banyak bahasa pemrograman untuk menerjemahkan logika pemrograman menjadi instruksi yang dapat dimengerti oleh komputer, untuk kemudian
dijalankan (dan dalam hal ini untuk membuat program). Perintah tersebut di jalankan oleh komputer untukmembuat sebuah program yang kemudian akan digunakan oleh manusia / pihak yang berkepentingan.

C++
C++ adalah salah satu bahasa pemrograman yang powerful untuk membuat sebuah program. C++ adalah sebuah bahasa tingkat menengah yang merupakan perkembangan dari bahasa C, dimana bahasa ini merupakan bahasa pemrograman berorentasi objek (tidak seperti pendahulunya, C). Dikatakan menengah karena bahasa ini berada di antara bahasa tingkat tinggi dan rendah. Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang lebih “manusawi”, karena perintah – perintah dari bahasa ini lebih berorientasi kepada bahasa manusia. Visual Basic (VB) dan Pascal adalah dua dari beberapa contoh bahasa tingkat tinggi. Sedangkan bahasa tingkat rendah adalah bahasa yang lebih berorientasi kepada bahasa mesin sehingga bahasa ini tidak terlalu “manusiawi” . Contoh dari bahasa tingkat rendah ini adalah Assembly.

Bab I. Header dan Fungsi main()
Sekarang kita masuk ke dalam pembuatan program. Beberapa bagian yang harus di perhatikan adalah header dan fungsi. Header adalah diana kita memasukkan  library yang ada dalam C++ kedalam kode program kita. Fungsi adalah “tempat” dimana kita bisa “bereksperimen”  Didalamnya terdapat semua statement yang kita buat. Program yang paling sederhana yang pernah diketahui umat manusia (seram amat kata-katanya) adalah:
#include <iostream>
using namespace std;

void main () {
    cout << “Hello, World!\n”;
}

Pada baris pertama, seperti yang kita lihat, ada perintah #include <iostream>. Tanda ‘#’ adalah preprocessor directive. Preprocessor directive adalah perintah – perintah yang diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, memasukkan file library, dll. Contoh – contoh dari preprocessor ini adalah:
•    #define maximum_number 100000
•    #include “fileku.h”
•    #ifdef maximum_number
#undef maximum_number
#define maximum_number_2 1000
#endif

Itu berarti bahwa kita memasukkan (include) library iostream ke dalam kode program kita. iostream itu adalah header yang dibutuhkan untuk “kegiatan” input dan output dari program. Perintah cout sendiri ada karena kita memasukkan iostream ke dalam kode program kita dan juga using namespace std; dimana ada member cout di dalamnya.
Berikut beberapa header yang terdapat dalam C++:
•    ctime =  header waktu
•    cstdio = header untuk perintah C seperti printf dan scanf
•    cmath = header untuk operasi matematika seperti sin, cos, sqrt, dan tan
•    cstring = header untuk memanipulasi string seperti strcpy, strcat, dll
Read More

POPULAR POST